Tidur Lebih Berkualitas dengan Warna Lampu Tidur Ini

16 Juni 2020 | Berita & Update

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Semua orang butuh tidur untuk dapat melakukan berbagai kegiatan dengan baik setiap harinya. Kurang tidur dipercaya dapat membuat seseorang tidak bersemangat, tidak mudah berkonsentrasi, bahkan cenderung untuk memiliki nafsu makan yang besar sehingga dapat memicu obesitas bila berlangsung cukup lama. Melihat pentingnya tidur, berikut kami rekomendasikan beberapa tips untuk mendapatkan tidur berkualitas setiap malam, yaitu lewat pemilihan warna lampu kamar yang tepat sebagai berikut:

  1. Warna biru remang-remang

Telah terbukti oleh penelitian ilmiah, memasang lampu berwarna biru remang-remang saat tidur dapat membuat seseorang lebih cepat mengantuk, meningkatkan tingkat kepulasan tidur, dan memperpanjang waktu tidur seseorang. Hal ini terjadi karena otak manusia merespons warna biru sebagai signal bahwa hari telah malam dan mereka butuh istirahat. Otak kemudian akan memerintahkan badan untuk tidur. Penggunaan lampu tidur biru remang-remang juga dipercaya mampu memperbaiki jam tidur seseorang yang mengalami insomnia.

  1. Warna merah redup

Selain warna biru remang-remang, warna merah redup juga dapat menjadi alternatif warna lampu tidur Anda. Berdasarkan penelitian oleh para ahli, penggunaan warna merah sebagai lampu tidur dapat mengurangi stres dan perasaan tidak nyaman sehingga Anda dapat tidur dengan tenang dan pulas sepanjang malam. Warna merah redup juga dapat meningkatkan produksi melatonin (hormon pembuat kantuk) yang dapat membuat Anda tidur lebih cepat sehingga Anda cenderung tidak dapat begadang dan siklus tidur Anda menjadi baik.

 

Selain kedua warna di atas, peneliti tidak menyarankan warna lainnya untuk digunakan sebagai lampu tidur. Menurut mereka, warna lampu yang sering digunakan—putih dan kuning—justru kurang cocok menemani tidur Anda. Kedua warna tersebut dilihat oleh otak kita sebagai warna dari siang hari, sehingga dapat membuat otak malah terjaga karena mengira hari belum malam dan tubuh belum seharusnya tidur. Bila Anda ingin tidur dengan lebih tenang, panjang, serta pulas, sebaiknya Anda memilih warna biru dan merah seperti di atas untuk menjadi lampu tidur.

Hal lainnya yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak serta mengurangi kecenderungan insomnia adalah penataan kamar. Beruntung bagi Anda, The Parc mendesain kamar Anda senyaman mungkin dengan peletakan yang tepat serta memperhatikan arah cahaya dan memaksimalkan jumlah udara yang masuk. Anda dapat selalu memiliki siklus tidur yang baik serta tidur yang berkualitas setiap malam. Bila Anda mendapatkan kemudahan untuk tidur nyaman dan nyenyak setiap harinya, pasti performa Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari akan meningkat. Anda juga dapat merasa lebih senang dan bersemangat. Oleh karena itu, pilih tempat tinggal Anda dengan baik untuk gaya hidup yang lebih baik pula.

  • SHARE THIS POST