Tips Menjaga Apartemen Tetap Sejuk Tanpa Pendingin Ruangan

7 Juli 2020 | Berita & Update

Berhubung Indonesia adalah negara tropis dengan musim kemarau yang cukup terik, rasanya semua tempat belum lengkap bila tidak memiliki pendingin ruangan. Namun, tahukah Anda bahwa memasang pendingin ruangan terlalu sering itu tidak baik? Selain karena boros listrik, pendingin ruangan dapat menyebarkan debu dan udara dinginnya dapat membuat kulit Anda kering. Oleh karena itu, agar tak terlalu sering menyalakan pendingin ruangan, berikut tips-tips menarik yang dapat Anda pratikkan untuk membuat apartemen terasa sejuk setiap saat:

  1. Gunakan tanaman hias

Tanaman hijau dapat menyumbangkan udara segar ke dalam ruangan serta membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Selain itu, tanaman yang berada di apartemen juga dapat melepaskan uap air yang dapat menjaga kelembaban ruangan hingga 30-60 persen. Sebagai ide, Anda bisa gunakan tanaman lidah buaya dan sirih gading sebagai tanaman hias yang cocok menjadi pengganti pendingin ruangan di apartemen.

  1. Ganti sprei berbahan katun

Area kamar dan tempat tidur biasanya merupakan ruangan yang terasa paling panas dalam hunian Anda. Agar tidur Anda selalu nyaman dan tidak terganggu oleh rasa gerah, cobalah untuk mengganti sprei lama berbahan satin atau sutra dengan sprei berbahan katun. Bahan ini lebih mudah mengalirkan udara dan terasa lebih lembut dibandingkan dengan kain lainnya, sehingga dapat menjaga kesejukan saat tidur.

  1. Ganti peralatan penyumbang panas di apartemen

Bila Anda masih menggunakan lampu pijar dan kompor, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk menggantinya dengan alat lain. Lampu pijar selain menyumbang energi yang besar rupanya kurang baik untuk menjaga kesejukan ruangan karena memberikan aliran udara panas yang cukup kuat. Selain itu, bila Anda memasak dengan kompor, ruangan juga dapat terasa lebih panas karena adanya api. Cobalah sebisa mungkin mengganti lampu pijar dengan lampu LED dan memasak dengan menggunakan oven agar kesejukan tetap terjaga.

Dengan adanya musim kemarau yang panas di Indonesia, tak heran bila orang-orang berebut untuk mendapatkan hunian yang sejuk. Banyak orang tak jadi membeli suatu properti hanya karena lokasi dan suasananya yang gerah. Orang-orang lebih tertarik untuk tinggal di daerah dengan banyak tanaman hijau yang terasa lebih sejuk. Salah satunya adalah The Parc yang terdiri atas 75% area hijau yang memberikan Anda suasana tempat tinggal yang asri serta segar meski musim kemarau sekali pun.

The Parc juga menawarkan unit apartemen yang didesain sedemikian rupa agar selalu terasa sejuk. Dengan sirkulasi udara yang lancar, tatanan arah mata angin yang tepat, hingga susunan gedung telah dipikirkan dengan matang agar Anda dapat hidup dengan tenang dan nyaman setiap hari. Fitur-fitur seperti ini belum tentu Anda dapatkan di apartemen Jakarta Selatan dan apartemen Tangerang Selatan lainnya. Jadi, jangan sampai Anda terjebak dalam hunian yang panas dan tak nyaman. Bergabunglah menjadi penghuni The Parc untuk hidup sehari-hari yang lebih damai dan harmonis.

  • SHARE THIS POST