Update Virus Corona Di Indonesia (03 Juli 2020)

3 Juli 2020 | Berita & Update

Kasus positif virus corona di Indonesia masih terus bertambah, tembus 59.394 kasus. Sementara di seluruh dunia, virus corona telah menjangkiti lebih dari 10,6 juta orang. Menurut data, Penambahan kasus positif di Indonesia mulai melaju cepat sejak bulan Juni, bergerak fluktuatif antara 400-an kasus hingga lebih dari 1.000 kasus baru per hari.

Berikut kurva penularan virus corona di Indonesia berdasarkan data Kementerian Kesehatan

Dalam dua pekan terakhir, hingga Kamis 25 Juni, penambahan kasus positif di Jakarta bergerak di kisaran 80-200an kasus per hari. Kasus positif di Jakarta, kini sudah lebih dari 10.000 orang.

per hari Kamis (2/7) penambahan kasus positif sebanyak 1.624 orang, penambahan pasien sembuh menjadi 1.072 orang dan kasus meninggal bertambah menjadi 53 orang.

”Mari kita pahami bersama bahwa penambahan kasus ini menggambarkan bahwa kedisiplinan dan kepatuhan untuk melaksanakan protokol kesehatan masih belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik,” tutur Yuri.

Dia menjelaskan bentuk ketidakpatuhan tersebut yakni masih ada orang yang terkonfirmasi positif yang belum melakukan isolasi mandiri dengan baik, ada kelompok rentan tertular COVID-19 yang tidak menjaga jarak, tidak pakai masker dan tidak mencuci tangan pakai sabun.

Ia pun menghimbau masyarakat untuk saling mengingatkan dengan baik, patuh terhadap protokol kesehatan dan selalu waspada dimanapun berada terutama dilokasi-lokasi yang rawan penularan seperti kantor, pasar tradisional, warung/rumah makan/restoran, dan tansportasi umum.

”Sekali lagi mari dengan bergotong royong kita hadapi bersama, kita tanggulangi penyebaran COVID-19 ini, kita pasti bisa,” pungkasnya.

Berikut ini sebaran virus Corona berdasarkan usia di Indonesia :

Benarkah laki-laki lebih rentan terjangkit virus corona seperti analisa para pakar kesehatan?

Di Indonesia lebih dari separuh pasien (data hingga 2 Juli 2020) berjenis kelamin laki-laki. (laki-laki: 52,26% perempuan: 47,63%)

 

Sumber: covid19.go.id; corona.jakarta.go.id; Kementrian Kesehatan

 

  • SHARE THIS POST