Workout Di Apartemen: Mudah Dan Menyehatkan

15 Juni 2020 | Berita & Update

Rutinitas sehari-hari yang padat dan melelahkan terkadang membuat kesehatan orang-orang di perkotaan besar menjadi terancam. Akibat dari padatnya keseharian, tubuh jadi lelah, tidak bersemangat, dan pikiran cepat menjadi jenuh. Sebagai solusinya, olahraga dapat membuat perasaan jadi lebih baik, tubuh lebih segar, dan peredaran darah menjadi lancar sehingga kerja otak menjadi lebih aktif. Bila Anda tinggal di apartemen, tentu saja mudah bagi Anda untuk berolahraga karena adanya fasilitas seperti gym dan jalur untuk berlari. Namun, Anda juga dapat melakukan workout dari rumah sebagai alternatif bila tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke luar. Berikut adalah rekomendasi gerakan workout yang dapat Anda coba di apartemen Anda. Gerakan ini dapat dilakukan dengan tenang, sederhana, dan tanpa menggunakan alat bantu sehingga cocok dipraktikkan di dalam apartemen Anda:

  1. Latihan perut dengan plank

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan gerakan workout satu ini. Meski tampak sederhana, plank sangat membantu untuk mengencangkan serta membentuk area perut dan punggung. Anda cukup  merenggangkan badan dari atas ke bawah pada lantai dan topang menggunakan lengan bawah. Setelah itu, kencangkan perut selama 60 detik.

  1. Lunges untuk membentuk kaki

Selain plank, gerakan lunges juga cukup populer bagi Anda yang sudah sering berolahraga. Selain praktis dan sederhana, gerakan ini ternyata punya manfaat dan dampak yang sangat besar dalam membentuk area kaki dan betis Anda agar semakin kencang. Gerakan ini dilakukan dengan menaruh satu kaki di belakang dan kaki depan sebagai penopang, kemudian tahan selama beberapa detik dan lakukan bergantian untuk masing-masing kaki. Umumnya gerakan ini dilakukan dalam 5 set dengan 16 repetisi.

  1. Squat untuk memperbaiki postur

Gerakan lainnya yang bisa Anda praktikkan di apartemen adalah squat. Gerakan ini memiliki manfaat untuk membentuk tubuh bagian bawah dan sangat bagus dilakukan bila Anda ingin memperbaiki postur tubuh. Mulai dari posisi kaki sejajar, sedikit lebih lebar dari pinggul kemudian mulai berjongkok dengan menurunkan pinggul hingga sejajar dengan paha atau hampir sejajar dengan lantai. Perlu dicatat bahwa selama latihan squat, Anda harus mengencangkan otot perut terlebih dahulu dan memastikan bahwa dada tetap tegak.

  1. Memperkuat bahu dan dada dengan bench dips

Bench dips sangat bermanfaat untuk membentuk otot trisep, bahu, dan dada Anda. Gerakan ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan furnitur di apartemen, salah satunya sofa. Anda hanya perlu meletakkan kedua lengan di belakang sambil memegang penopang, yaitu sofa Anda. Renggangkan kedua kaki ke depan kemudian buat gerakan seperti ingin duduk tapi ditahan oleh kedua lengan di sofa dengan mengambang.

Ternyata ada banyak gerakan workout praktis dan sederhana yang bisa dilakukan di apartemen Anda. Namun, untuk memaksimalkan gaya hidup sehat, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas olahraga yang disediakan di apartemen. Beruntung The Parc menyediakan sarana berolahraga seperti gym dengan peralatan yang lengkap dan juga jogging track agar Anda dapat berolahraga sambil menikmati alam. Di mana pun itu, olahraga tetap merupakan hal yang penting untuk dipraktikkan setiap hari agar tubuh selalu sehat, bugar, dan terutama agar pikiran dapat menjadi lebih segar dan positif.

  • SHARE THIS POST