fbpx
The Parc pool
50m Olympic Swimming Pool The Parc
+62 21 749 8999
Berita 14/11/2022

SouthCity Kembali Gelar Aksi Donor Darah, Antusiasme Melebihi Ekspektasi

SouthCity kembali menggelar aksi Donor Darah yang sempat tertunda sehubungan pandemic Covid-19,tetapi tahun ini SouthCity berkesempatan mengadakan kembali sebagai salah satu agenda rutin.Corporate Social Responsibility (CSR) setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan kepedulian antar sesama. Dilaksanakan di Marketing Office SouthCity pada Minggu 13 November 2022, bertepatan dengan acara Car Free Day (CFD) dan kegiatan ini bekerjsama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang Selatan.

Dalam acara ini, setidaknya lebih dari 50 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor.  Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar yang kecewa. Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis seperti kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan baru melaksanakan vaksin.

Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL.

Disamping hal di atas telah dipenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang.

Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini selain dari para pegawai dan direksi SouthCity serta warga Tangerang Selatan yang berasal dari Pondok Cabe, Cinere dan sekitarnya. Beberapa dari peserta sudah terbiasa mendonorkan darahnya dan bahkan terdaftar menjadi pendonor tetap.

“Saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan (donor darah) ini,” ujar Danang, pendonor yang merupakan pegawai SouthCity. Menurutnya, event ini selain memudahkan pada saat dia rutin melakukan donor darah juga dapat membantu sesama yang membutuhkan.

Related News